Ciri-Ciri Penyakit Kutil Kelamin Yang Paling Mudah Dikenali

Ciri-Ciri Penyakit Kutil Kelamin

Memahami ciri-ciri penyakit kutil kelamin sejak awal bisa membuat Anda lebih waspada. Anda bisa mengantisipasinya. Yakni jangan sampai masalah ini mendorong Anda ke jenjang lebih serius seperti operasi.

Operasi ini cukup menyakitkan. Kebanyakan orang ngeri melihatnya. Bahkan, seseorang lebih memilih cara lain sehingga terkadang penyembuhannya memakan waktu.

Tidak mau mengalami masalah kutil kelamin yang parah, Anda perlu melakukan penanganan secepatnya. Penanganan cepat bisa dilakukan ketika Anda memahami cirinya. Nah, apa saja ciri-ciri dari penyakit kelamin tersebut?

Ciri Seseorang Menderita Penyakit Kutil Kelamin

Setiap permasalahan kesehatan yang muncul selalu diikuti dengan gejala. Ini menjadi ciri khas dari keanehan yang terjadi dalam tubuh. Begitu pula dengan penyakit kelamin ini. Ciri utamanya adalah sebagai berikut.

  1. Benjolan Halus Pada Area Kemaluan

Kutil selalu ditandai dengan benjolan pada permukaan kulit. Kutil ini muncul akibat serangan dari virus. Virus yang berkembang biak tanpa kendali membuat benjolan semakin besar.

Benjolan ini cukup halus. Lama kelamaan akan sedikit mengeras, membentuk seperti kembang kol. Dan kondisi terparah akan menyebabkan rasa gatal dan panas.

Letaknya berada di area kemaluan. Baik itu pada sebagian besar kemaluan, ataupun pada selangkangan. Bahkan juga di sekitar anus ataupun dalam organ kewanitaan.

  1. Timbul Rasa Sakit Saat Berkemih

Ketika akan buang air kecil, penderitanya biasanya merasakan kesakitan. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan.

  1. Rasa Sakit Saat Berhubungan Badan

Ketika berhubungan badan dengan pasangan, penderitanya juga merasakan kesakitan. Rasa ini membuat seseorang selalu menolak ajakan untuk melakukannya. Dan ini akan mempengaruhi hubungan Anda.

Dari sekian banyak ciri-ciri penyakit kutil kelamin, benjolan pada area kemaluan adalah ciri paling mudah dikenali. Jika ini sudah muncul, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan. Setelah positif, lakukan penanganan secepatnya agar masalahnya segera teratasi.

Penanganan Awal Pada Penyakit Kutil Kelamin

Banyak sekali pemicu penyakit ini. Anda yang terlanjur menderita penyakit ini sebaiknya melakukan pemeriksaan. Datanglah ke dokter untuk didiagnosis. Tujuannya untuk memastikan keanehan yang Anda alami.

Penanganan Awal Pada Penyakit Kutil Kelamin

Semakin cepat berkonsultasi, penyakit akan semakin cepat disembuhkan. Anda tidak perlu merasa takut atau malu. Karena kesehatan jauh lebih penting.

Biasanya, dokter akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Ketika gejalanya masih ringan, Anda tidak perlu operasi. Dokter akan merekomendasikan pemakaian salep atau semacamnya.

Salep yang digunakan ialah yang mengandung imiquimod. Salep ini bekerja dengan meningkatkan imunitas tubuh. Respons baik dari sistem imun nantinya akan membantu dalam mematikan sel kutil.

Yang perlu diketahui ialah salep ini tidak direkomendasikan pada ibu hamil. Jika diaplikasikan, ini bisa membahayakan bumil dan janinnya. Makanya, Anda butuh obat kutil kelamin lain yang terbukti ampuh.

Konsultasikan pada dokter agar tidak keliru menentukan salep. Setelah itu, imbangi dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Salah satunya ialah selalu menjaga kebersihan. Anda perlu rajin mencuci tangan maupun area selangkangan. Kemudian, pastikan untuk mengeringkannya agar virus mudah mati.

Selain itu, tingkatkan imunitas tubuh. Di antaranya dengan mengkonsumsi makanan lebih sehat. Dan jangan lupa untuk rajin berolahraga. Karena daya tahan tubuh yang kuat akan menjadi benteng alami dalam menangani sejumlah serangan dari luar.

Kesimpulannya, kenali ciri-ciri penyakit kutil kelamin sejak awal. Setelah itu, jaga segala macam hal yang bisa memicunya. Kalau terlanjur menderita penyakit, lakukan penanganan dengan cepat agar tidak menginfeksi ke seluruh tubuh.

Author: madonnazxcp