Perusahaan Terbaru Metal 3D Printer; Bagaimana Metal 3D Printer Bekerja?

Perusahaan Terbaru Yang Membuat Metal 3D Printer

Perkembangan teknologi memang tak bisa terhindarkan. Setiap bidang kehidupan tak lepas dari perkembangan teknologi, demikian juga dunia percetakan. Dulu percetakan atau printing hanya digunakan untuk mencetak gambar pada kertas atau benda 2 dimensi. Namun saat ini dunia printing sudah berkembang menjadi percetakan 3D. Salah satu yang terkenal yakni 3D metal printer. Hal yang membuat metal printer 3D ini popular; bahwa bagian – bagian logam dicetak 3D dengan kualitas yang baik. Bagaimana metal 3D printer bekerja? Printer ini memiliki 2 komponen yakni Selective Laser Melting (SLM) dan Direct Metal Laser Sintering (DMLS). Kedua komponen inilah yang membuat alat printer 3D ini bekerja.

Perusahaan Terbaru Yang Membuat Metal 3D Printer

Bagaimana Metal 3D Printer Bekerja

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa 3D metal printer ini bekerja dari dua komponen SLS dan DMLS. Keduanya menggunakan laser untuk memindai partikel serbuk logam, mengikatnya bersama – sama dan membangun bagian lapis demi lapis. Bahan yang digunakan kedua proses tersebut adalah logam yang datang dalam bentuk granular. Untuk memperjelas bagaimana metal 3D printer bekerja, ada beberapa perusahaan terbaru yang memproduksi metal 3D printer, berikut ulasannya:

1. Dekstop Metal

Perusahaan ini merupakan starter percetakan 3D yang berbasis di Massachusetts. Ini mungkin adalah game changer terbesar di pasar percetakan metal 3D. Pada lahun lalu, perusahaan ini mengeluarkan dua printer 3D metal, yakni Sistem Studio dan Sistem Produksi. Sistem ini bekerja untuk membuat manufaktur aditif logam, hal ini jauh terjangkau dan mampu memproduksi komponen lebih cepat. System studio merupakan printer 3D logam yang menggunakan proses ekstrusi Bound Metal Deposition (BMD) yang dipatenkan. Sedangkan proses pada sistem produksi menggunakan proses yang disebut single pass jetting. Metal 3D printer ini bekerja dengan mendepositkan serbuk logam yang diikuti oleh agen pengikat.

2. Markforged

Perusahaan ini merupakan perusahaan 3D metal printing yang berfokus untuk membuat teknologi yang tidak terjangkau ini menjadi terbuka bagi masyarakat luas. Markforged metal X merupakan printer metal 3D yang menawarkan manufaktur end-to-end. Perusahaan ini mengklaim bahwa printer 3D metalnya sepuluh kali lebih murah daripada perusahaan yang lain. Bagaimana metal 3D printer bekerja? Alat ini bekerja mencetak bubuk logam yang terikat dalam matriks plastik. Di dalam webnya, Markforged menampilkan banyak jenis suku cadang logam yang dapat dicetak 3D, serta ada banyak bisnis yang dapat dihemat dengan menggunakan produk percetakan 3D metal.

3. Digital Metal

Spektrum perusahaan ini lebih kecil jika dibandingkan dengan dua perusahaan yang disebut sebelumnya. Anak perusahaan produk produsen bubuk logam Swedia ini baru – baru ini mengungkapkan sistem pengaliran presisi tinggi pertama di dunia untuk benda logam kecil. Printer ini dinamakan DM P2500, alat ini dapat menghasilkan komponen logam yang sangat kecil dan rumit. Printer ini menawarkan resolusi yang luar biasa serta dapat menghilangkan kebutuhan akan struktur pendukung. Perusahaan printing 3D logam dari Swedia ini sedang mendorong produknya di pasar komersial.

Itulah tadi perusahaan yang membuat metal 3D printing terbaru dengan keunggulannya masing – masing. Penjelasan tersebut semoga menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana metal 3D bekerja, karena tiap perusahaan memiliki alat dengan cara kerja yang berbeda – beda. Mulai sekarang gunakanlah metal 3D printing untuk memudahkan produksi perusahaan Anda. Selain itu Anda juga dapat menghemat biaya jika anda menggunakan alat cetak 3D logam ini. Selamat mencoba.

Author: madonnazxcp