Manfaat Mesin Stone Crusher dan Cara Kerjanya

mesin crushers

Dalam banyak industri, kita mengenal istilah Stone Crusher. Mesin ini disebut juga sebagai mesin pemecah batu. Bukan hanya batu kali, berbagai batu mineral seperti emas dan tembaga juga bisa dihancurkan oleh mesin ini.

Mesin pemecah batu tersebut berperan dalam industri konstruksi untuk penyediaan material bangunan. Dipakai pula dalam dunia pertambangan untuk mengolah hasil tambang.

Jadi tak heran jika mesin ini menyumbangkan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Karena segala proses jadi lebih cepat dibanding menggunakan cara manual tanpa mesin.

Untuk tahu lebih banyak manfaat dari mesin atau alat berat ini, maka beberapa manfaatnya akan diulas di bawah ini:

 

Berbagai Manfaat Stone Crusher

Manfaat mesin pemecah batu memang sangat besar. Banyak industri diuntungkan dengan pemakaian mesin ini. Meskipun harganya tidaklah murah, namun industri tak akan rugi jika memilikinya.

Secara umum, inilah keuntungan dari pemakaian mesin pemecah batu dalam banyak industri di Indonesia maupun di dunia:

  • Membuat ukuran batu jadi lebih seragam untuk membantu penyediaan material tertentu
  • Pengerjaan industri lebih cepat dan efisien dalam hal waktu
  • Lebih hemat dalam penggunaan SDM karena hanya butuh 5 hingga 7 operator saja
  • Nilai jual material atau hasil pecahan batu lebih tinggi.
  • Jumlah produksi material jauh lebih banyak
  • Ada banyak jenis mesin dan kekuatan yang berbeda. Sehingga masing-masing industri bisa memilih mesin Stone Crusher sesuai kebutuhan.
  • Mudah dalam perawatan sehari-hari
  • Bisa mobile atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya

 

Cara Kerja Mesin Stone Crusher

Ada banyak macam mesin pemecah batu. Beberapa diantaranya yang paling banyak digunakan adalah Stone Crusher, Jaw Crusher, dan Roll Cruster. Ada pula mesin pemecah batu Impact Crusher, Hammer Mill, Hammer Roller Mill, dan juga Cone Crusher.

mesin crushers

Dilihat dari cara kerjanya, semua jenis mesin tersebut hampir sama. Pada prinsipnya, mesin pemecah batu berperan dalam memcah bongkahan batu ukuran besar. Batu tersebut masuk ke mesin penggilingan. Setelah itu output yang dihasilkan adalah batu dengan ukuran lebih kecil sesuai yang diinginkan.

Dalam setiap mesin Stone Crusher di atas, memiliki dua komponen utama, yaitu:

  • Bak untuk penampungan awal tempat bongkahan batu besarĀ  yang akan dihancurkan. Bak ini akan berjalan dan membawa batu secara otomatis menuju mesin penghancur.
  • Bak penampungan hasil penggilingan batu setelah melewati bagian penggilingan. Hasilnya dibiarkan jatuh ke tanah atau tempat yang diinginkan.

Itu tadi bagian utama dari sebuah mesin penghancur batu. Sedangkan dalam tahap penggilingan, kita akan mengenal beberapa tahapan:

  • Tahap penghancuran primer. Tahapan ini diakukan oleh primary crusher. Hasilnya adalah batu yang ukurannya masih cukup besar. Bisa dikatakan bahwa hasilnya masih kasar hingga butuh proses selanjutnya.
  • Tahap sekunder. Pada proses ini, batu yang masih dalam ukuran besar diproses kembali hingga ukurannya lebih kecil. Untuk beberapa keperluan, sepeti material kerikil, hasil tahap sekunder langsung bisa dipakai.
  • Tahap penghancuran tersier. Batu hasil penggilingan sekunder, harus digiling kembali ke tahap tersier. Hasilnya adalah batu yang lebih kecil dan halus.

Tahapan di atas adalah gambaran umum bagaimana mesin Stone Crusher bekerja. Bagi yang bekerja di bidang kosntruksi maupun pertambangan tentu sudah tidak asing lagi.

Hasil batu yang ada bisa disesuaikan dengan ukuran yang dikehendaki. Bisa berupa batuan yang masih kasar. Bahkan bisa pula berbentuk tepung halus.

Author: madonnazxcp