Langkah Mudah Pinjaman Tanpa Bi Checking, Simak Ulasannya

pinjamann dana tunai

Pinjaman Tanpa Bi Cheking! – Untuk semua penyedia pinjaman terutama dunia bank memiliki reputasi kredit calon debitur yang artinya salah satu pertimbangan utama untuk menyetujui pencairan kredit. Pemeriksaan reputasi kredit calon debitur inilah yang dinamakan dengan BI checking atau Sistem Informasi Debitur (SID). Nah saat ini, SID telah dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di sini pemberi pinjaman perlu memperhatikan risiko dari setiap dana pinjaman yang diberikan kepada calon debitur. Kemudian jika calon debitur dinilai tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihan, maka bank akan keberatan untuk mengambil risiko kredit macet yang bisa berdampak buruk pada proses keuangan bank. Sehingga pinjaman tanpa BI cheking perlu diteliti lagi. Jika skor kredit terlihat buruk, sekalipun pengajuan pinjaman disetujui, maka tingkat bunga yang dibebankan akan jadi lebih besar. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi risiko kerugian yang mungkin akan dialami oleh penyedia pinjaman jika debitur tidak sanggup bayar. Nah, bagaimana jika riwayat kredit buruk padahal Anda sedang butuh dana mendesak?

Baca Juga : Persyaratan Pinjaman Dana Tunai Dengan Gadai BPKB Mobil

Berbagai Fintech Yang Menawarkan Pinjaman Tanpa BI Checking

fintec company
Saat ini, ada beberapa perusahaan financial technology atau fintech yang menawarkan pinjaman tanpa BI checking. Akan tetapi bukan berarti pengajuan pinjaman tidak melewati proses analisa kredit itu mudah sehingga pasti lolos. Penyedia pinjaman tanpa BI checking ini umumnya memiliki analisa skor kredit sendiri untuk menyeleksi kelayakan calon debiturnya. Jadi walaupun tanpa cheking, Anda dapat semena-mena karena tetap ada proses yang harus dilewati oleh calon debitur.

Oleh karena itulah, sebenarnya BI checking memiliki peran besar dalam menentukan permohonan pinjaman dana seseorang akan disetujui atau tidak. Meskipun kebijakan ini tentu menyulitkan calon debitur yang memiliki riwayat BI checking buruk, apalagi ingin mengajukan pinjaman dana dalam situasi darurat.

Buat Anda yang tetap ingin mengajukan pinjaman ke layanan pinjaman tanpa BI checking, sebaiknya pastikan dulu Anda mengajukan pinjaman di lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK. Walaupun dalam keadaan kepepet sekalipun, jangan sekal-kali Anda mengajukan permintaan dana ke layanan pinjaman abal-abal yang tidak dapat dipercaya. Sebab hal itu nantinya akan merugikan Anda sendiri.

Ukur Kemampuan Bayar Anda Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa BI Checking

pinjaman dana tunai
Kemudian yang perlu diperhatikan walaupun mengajukan pinjaman tanpa BI cheking, Anda perlu mengukur kemampuan bayar Anda sendiri. Ambilah dengan biaya terendah dan ukur kemampuan pembayaran cicilan sehinga tidak memberatkan Anda nantinya. Jangan sampai Anda membuka masalah baru dengan menumpuk pinjaman yang sebenarnya tidak mampu Anda tanggung.

Selanjutnya pilihlah pinjaman yang memiliki bunga kecil. Walau Anda berhasil memilih salah satu daftar pinjaman tanpa BI checking, tapi ada baiknya juga memperhatikan bunga yang diterapkan. Biasanya, dengan adanya kemudahan syarat dan ketentuan tersebut, juatru lembaga meninggikan tingkat suku bunganya. Jadi walau begitu usahakan Anda memilih bunga yang rendah. Sehinga angsuran perbulan tidak besar dan tidak menjadi beban Anda nantinya.

Ada beberapa cara yang biasa dipakai oleh bank dan bertujuan untuk menilai keterampilan dari pembayaran seseorang. Pertama, dilihat dari pendapatan calon peminjam. Jadi jumlah angsuran yang dikeluarkan tidak boleh memiliki besaran lebih dari 30% dari pendapatan calon peminjam. Bila penghasilan Anda dinilai tidak dapat menanggung biaya cicilan, maka pengusulan kredit tentu akan ditolak. Jadi cara ini juga bisa digunakan untuk pinjaman tanpa BI cheking berguna untuk waspada bila menemui calon debitur yang memiliki riwayat buruk.

Itulah kenapa ada banyak sekali bank yang meminta calon peminjam untuk menyertakan slip gaji pendapatan beserta histori mutasi dari tabungan dalam rangka untuk kelengkapan sebuah pengusulan pinjaman. Melalui itulah mereka menilai kemampuan bayar seseorang. Walaupun pinjaman tanpa BI cheking, bukan berarti pengajuan pinjaman tidak ada proses seleksi.

Kemudia langkah kedua yaitu dengan melihat reputasi kredit dari seorang calon debitur yang terungkap dari data dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia (BI) atau biasa disebut juga dengan istilah BI checking. Ini juga dipakai untuk menilai histori si calon peminjam ketika masih memiliki angsuran utang di bank lain. Oleh karena itulah walaupun ada embel-embel pinjaman tanpa BI cheking, tetapi mereka tetap punya cara sendiri untuk menyeleksi calon nasabahnya.

Kemudian di sini ada cara agar lolos seleksi dalam pengajuan pinjaman di pinjamana tanpa BI cheking. Apabila aandAnda sedang memerlukan pinjaman yang mendesak tetapi memiliki daftar kredit bermasalah, maka Anda perlu mencari solusinya. Sebenarnya masih terdapat sebuah celah supaya Anda masih bisa mengajukan pinjaman walau walau daftar kredit di BI Checking sedang bermasalah.

Misalnya, dengan mengajukan pinjaman dalam jumlah yang lebih kecil. Mencari pinjaman kepada lembaga keuangan non-bank dan sebagainya. Cara lain ialah mencari kredit KTA tanpa BI checking. Pada dasarnya semua pengusulan pinjaman pastilah akan dimulai dengan proses analisa kredit yang dilakukan untuk menunjukkan tingkat risiko pemberian pinjaman. Begitu pula dengan pinjaman tanpa BI cheking. Untuk melihat pinjaman seringkali mengecek catatan dari perilaku seorang calon peminjam.

Jadi walau ada pinjaman tanpa BI cheking, tetapi tetap saja ada prosedur yang digunakan untuk memilih dan menyeleksi calon nadabah.

Author: madonnazxcp