Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Putuskan Gadai Sertifikat Anda

gadai sertifikat

Sertifikat memang mempunyai nilai dan peranan yang penting. Tak hanya sebagai bukti kepemilikan sah dari rumah atau pun tanah, ada juga nilai ekonomi yang bisa didapat dari sebuah sertifikat. Ya, salah satunya adalah dengan dijadikan agunan jika Anda hendak mengajukan pinjaman uang.

Sertifikat biasanya menjadi sebuah agunan yang kuat karena memang nilainya yang besar. Tapi, itu juga tergantung dari kondisi fisik dan luas bangunan atau tanah yang ada di sertifikat tersebut. Apakah Anda sedang butuh suntikan dana dan berniat untuk melakukan gadai sertifikat Anda? Sebelum mengambil keputusan tersebut, alangkah baiknya jika Anda pahami dulu hal-hal penting yang berkaitan dengan gadai sertifikat di bawah ini.

Simak Penjelasan Gadai Sertifikat Sampai selesai, ya!

website jogja

Pastikan Itu Adalah Sertifikat Milik Anda

Ya, hal pertama yang wajib diperhatikan sebelum menggadaikan sertifikat tanah atau rumah adalah yang satu ini. Pastikan sertifikat tersebut adalah milik Anda sendiri, dan nama Anda sendiri juga yang ada di dalam sertifikat tersebut. Kenapa harus begitu? Karena, jika sertifikat tersebut atas nama orang lain, maka urusannya akan menjadi sedikit lebih repot. Ingat hal ini juga berlaku untuk jaminan lainya speerti gadai bpkb mobil

Beberapa lembaga keuangan akan mengharuskan supaya Anda balik nama sertifikat itu lebih dahulu supaya bisa diterima. Dan seperti yang diketahui, proses balik nama ini akan memakan waktu yang tidak sebentar, paling cepatnya sekitar 5 harian. Tentu hal tersebut juga akan lebih merepotkan dan membuang-buang waktu Anda untuk proses gadai sertifikat tersebut.

Jangan Salah Memilih Tempat Gadai

Hal kedua yang juga tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah yang satu ini. Ya, jangan sampai Anda salah memilih tempat gadai. Sebelumnya, Anda tentu harus mencari-cari tempat gadai yang paling pas lebih dulu, ya. Jangan hanya berpatok pada satu tempat gadai saja, melainkan surveilah beberapa tempat gadai sekaligus. Pastikan jika tempat gadai atau lembaga keuangan itu benar-benar terpercaya.

Kenapa? Karena, sekarang ini banyak sekali kasus penipuan dengan modus gadai sertifikat ini. Karenanya, pastikan Anda memilih tempat yang aman untuk sertifikat tersebut bersekolah. Dalam mencari tempat gadai, Anda harus memastikan bahwa reputasi lembaga tersebut jelas dan bagus. Tanyakan segala hal yang perlu ditanyakan, termasuk bunga, tenor, dan sebagainya. Jika bisa, pilihlah tempat gadai dengan bunga yang rendah supaya tidak memberatkan Anda.

Pahamilah Prosedurnya Gadai Sertifikat

Hal ketiga yang patut diperhatikan setelah Anda menemukan tempat gadai yang paling pas adalah dengan memahami prosedur apa yang harus dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tanyakanlah hal-hal yang memang mengganjal dan menjadi pertanyaan Anda. Tanya setiap detailnya sampai Anda benar-benar paham. Ini tentunya penting untuk mencegah adanya penyesalan di kemudian hari, khususnya bagi Anda sendiri.

Tanyakanlah juga persyaratan yang lain, karena selain ada sertifikat biasanya juga harus ada dokumen identitas diri serta berkas-berkas yang lain. Tanyakan juga berapa lama waktu pencairan dana, berapa dana yang bisa cair dengan sertifikat Anda tersebut, serta apakah ada survei dan lain-lain. Biasanya, proses gadai sertifikat seperti ini juga akan dilakukan survei langsung ke tempat Anda untuk memastikan bahwa tanah atau rumah tersebut benar-benar ada. Karena itulah Anda harus bertanya secara detail sehingga bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Pastikanlah Sistem Pembayarannya

Hal yang satu ini juga jangan sampai diabaikan. Biasanya, setiap lembaga keuangan memiliki aturan sendiri-sendiri terkait sistem pembayaran ini. Namun, secara umum Anda bisa memilih apakah akan dibayar sekali dan langsung lunas, atau dengan cara diangsur dengan jatuh tempo yang sudah ditentukan. Tentu saja ini harus disesuaikan dengan kemampuan Anda, ya. Jika memang bisa dikembalikan dalam sekali lunas, tak apa menggunakan cara tersebut.

Namun, jika memang dirasa berat, Anda bisa menggunakan cara angsuran tadi. Ada tenor yang akan ditawarkan, misal satu, dua, atau tiga tahun. Pilihlah yang menurut Anda paling ringan dan sekiranya tidak membebani. Meski begitu, tenor yang lebih lama artinya Anda juga harus membayar bunga yang lebih banyak dibandingkan tenor yang lebih pendek. Jadi, bijaklah dalam urusan gadai sertifikat ini, ya.

Pastikan Anda Paham Risikonya

Benar sekali, ini bukanlah pinjaman yang Anda dapatkan secara Cuma-Cuma, melainkan dengan agunan yang tidak kecil. Jika sedikit saja ada masalah, maka agunan yang berupa sertifikat ini adalah taruhannya. Karena itu, pikirkanlah kembali dengan matang sebelum Anda benar-benar menggadaikan sertifikat ini. Bisakah membayar tepat waktu? Akan digunakan untuk apa uang pinjaman ini? Akankah memberatkan Anda atau tidak, dan sebagainya. Usahakan, uang yang Anda pinjam dengan sertifikat tersebut adalah uang yang aktif dan terus berputar, dalam artian untuk modal usaha contohnya.

Itu dia beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memutuskan gadai sertifikat. Bagaimana, sudah dipikirkan kembali dengan matang? atau mau mencari alternatif jaminan seperti gadai mobil ? Semoga artikel ini bermanfaat!

Author: madonnazxcp